Jumat, 11 Maret 2011

Kilang Minyak Terbakar Paska Gempa 8,9 SR

Polisi mengatakan setidaknya satu orang tewas di Ibaraki.
Jum'at, 11 Maret 2011, 15:54 WIB
Arry Anggadha
Gempa bumi dan tsunami di Jepang (AP Photo/ Kyodo News)
BERITA TERKAIT

* JK Rasakan Guncangan Gempa Jepang Lima Menit
* Gempa 8,9 SR Jepang, 1 Warga Ditemukan Tewas
* Tsunami 'Tenggelamkan' Bursa Saham Tokyo
* Sejarah Tsunami Mematikan
* Sambungan Telepon Jakarta-Tokyo Terputus

VIVAnews - Sebuah kebakaran besar meletus di kilang minyak Cosmo di kota Ichihara di prefektur Chiba dekat Tokyo. Kebakaran dipicu gempa berkekuatan 8,9 skala Richter yang mengguncang Jepang.

Associated Press melaporkan, Jumat 11 Maret 2011, NHK memperlihatkan gambar sebuah kapal besar yang sedang tersapu oleh tsunami dan menabrak pemecah ombak di kota Kesennuma di Prefektur Miyagi.

Di berbagai lokasi di sepanjang pantai, rekaman menunjukkan kerusakan besar-besaran dari tsunami, dengan mobil, kapal dan bahkan bangunan yang terbawa oleh air.

Gempa terjadi pukul 14:46 dan diikuti oleh lima gempa susulan yang kuat dalam waktu sekitar satu jam. US Geological Survey merilis kekuatan gempa pertama yang berkekuatan 8,9 SR, sementara lembaga meteorologi Jepang itu diukur sebesar 8,4 SR.

Gempa berpusat pada pada kedalaman enam mil (10 kilometer), sekitar 80 mil (125 kilometer) di lepas pantai timur dan 240 mil (380 kilometer) timur laut Tokyo.

Di Tokyo pusat kota, bangunan-bangunan besar bergetar keras. Tayangan televisi menunjukkan sejumlah bangunan besar di distrik Odaiba Tokyo terbakar. Kereta api juga dihentikan dan penumpang berjalan sepanjang rel.

Polisi mengatakan setidaknya satu orang tewas dalam runtuhnya rumah di Ibaraki, sebelah timur laut Tokyo. (umi)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...